ACARBOSE


NAMA GENERIK                                     : Acarbose

GOLONGA / KELAS TERAPI                : Hormon, obat Endokrin lain dan kontraseptik

NAMA DAGANG                                    : Glucobay , precise

INDIKASI                                   : sebagai tambahan pada terapi OHO SULFONILUREA  atau biguanida pada diabetes mellitus  yang tak dapat dikendalikan dengan diet dan obat-obat tersebut.Acarbose terutama sangat bermanfaat  bagi pasien DM  yang cenderung meningkat kadar gula darahnya segera setelah makan  (hiperglikemia postprandial), pasien DM yang diterapi dengan insulin, umumnya akan menurun  penggunaan insulinya jika sudah dikombinasi dengan acarbose.
Dosis, Cara dan Lama pemberian :  obat ini umumnya diberikan dengan dosis awal 50 mg dan dinaikan secara bertahap sampai 150-600 mg/hari
Efek samping                              : Acarbose tidak diserap kedalam darah, oleh sebab itu efek samping sitemiknya minimal.  Efek samping yang sering terjadi terutama gangguan lambung, lebih banyak gas, lebih sering flatus dan kadang-kadang diare, yang akan berkurang setelah pengobatan berlangsung lebih lama. Efek samping ini dapat berkurang dengan mengurangi  konsumsi karbohidrat. Kadang-kadang dapat terjadi gatal-gatal dan bintik-bintik  merah pada kulit, sesak nafas,  tenggorokan terasa tersumbat  pembengkakan pada bibir lidah atau wajah.  Bila diminum bersama-sama obat sulfonylurea  atau dengan insulin, dapat terjadi hipoglikemia yang hanya dapat diatasi  dengan pemberian  sukrosa (gula pasir).
Informasi pasien                          :  - jangan konsumsi oabat tanpa seizing dokter atau apoteker, obat ini hanya berperan  sebagai pengendali diabetes,  bukan penyembuh.  Jika anda  merasakan gejala-gejala hipoglikemia( pusing, lemas, gemetar,  pandangan berkunang-kunang), pitam (pandangan menjadi gelap), keluar keringat dingin, detak jantung meningkat,  segera hubungi dokter. Jika anda sudah  sudah pernah mengalami hipoglikemia, selau bawa sekantung  kecil gula jika anda berpergian. Segera makan gula begit anda mendapat serangan hipoglikemia.  Obat ini tidak boleh dikonsumsi  semasa hamil atau menyusui, kecuali  sudah diizinkan dokter.
Mekanisme aksi                         :Menghambat enzim alfa  glukosidase yang terletak pada dinding usus  halus dan menghambat  enzim alfa amylase pankreas,  sehingga secara keseluruhan  mengahmbat  pencernaan  dan absorpsi karbohidrat. Acarbose tidak merangsang  sekresi insulin oleh sel-sel B-langerhans kelenjar pancreas.   

  


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES